el clasico 2010

mengenai el clasico..
beberap jam lalu, berteriak sendiri, kagum sendiri, terkesima dengan sepakbola guardiola.. sepakbola fc barcelona

coba-coba untuk tulis ulang apa yang terlihat mata dan terlintas di pikiran..

fcb masih dengan permainan yang sama, tiki-taka, bola pindah dari kaki ke kaki. tak butuh waktu banyak untuk cari rekan satu tim dan mengirimkan bola. hanya beberapa pemain yang terlihat lebih banyak melakukan dribel, yang memang meninjol dalam hal itu. rotasi juga sangat baik, terutama untuk posisi tengah dan depan. kejelian pencipta serangan mempertajam daya dobrak dan mempersulit penjagaan lawan. dalam posisi terkawal ketat,masih mampu memainkan bola lewat celah-celah sempit dengan 1 sentuhan cepat tepat… indah… umpan2 terobosan setelah bola berputar-putar di tengah lapangan sering membuahkan peluang emas.

rma, tidak terlalu terlihat, karena bola lebih sering dikuasai oleh fcb. serangan-serangan, memanfaatkan kesaktian beberapa pemain depan. lebih banyak operan jauh dan terutama dribel. barisan belakang sering kurang rapat sehingga bola sering lolos, begitu juga pemain fcb yang masuk dari sisi gelap.

serangan rma, lebih mudah dibendung karena terpaku pada beberapa pemain saja.bola pun lama melekat di kaki, tak segera berpindah, justru mengurangi peluang terjadinya gol. berbeda jauh dengan gaya mori ini yang diterapkan di int. gol bisa saja tercipta oleh kerjasama 2 orang saja, karena bola perpindahan bola yang cepat. yang dibutuhkan rma, bahkan semua tim sebenarnya, adalah pemain2 yang merasa puas saat melayani temannya dengan passing dan assist, sama puasnya dengant mencetak gol. harta yang sangat saat ini dimiliki fcb.

ikon rma bertalenta tinggi pun tak mampu berkata banyak jika dibayangi oleh 2 musuh. beberapa kali melakukan kesalahan sendiri. penyerangan rma terkesan separatis. berjuang sendiri2.

atmosfir panas, hal yang wajar pada setiap duel bergengsi, kedua pihak sepatutnya bisa lebih tenang, indahnya pertandingan sedikit ternodai oleh tindakan-tindakan tak sportif.

bagaimana menurut anda bung ?? hehe….

sepakbolamu menunjukkan karaktermu

20101130 :: tumpahan pikiran saat menyaksikan el clasico

1 Comment

  1. aq bukan pemain bola. tapi pengagum bola kaki indah dan yang menjunjung tinggi sportifitas. aq spakt FCB memainkan bola ala tiki taka dengan begitu sempurna. suatu kali penah terpikir dalam benak mungqn musim ini dominasi FCB dalam bola kaq akan sirna. anda tw apa penyebabnya? sang manajer tdk mampu menyiapkan jendral lap tengah pengganti sang maestro Xavi.
    RMA mempunyai manajer fenomenal terbaik dan seorang shotter bola terbaik dalam jarak jauh n jarak dekat.
    saya suka narasi yg dibuat. saya suka FCB karna kekompkan timx. mungqnkah tipe anda sperti Gardiola?

Leave a Reply

Your email address will not be published.