unfriend day

hari ini adalah national unfriend day (NUD)…

ide ini kalau tidak salah, dicetuskan oleh jimmy kimmel, dengan alasan bahwa banyak teman di facebook yang kurang dekat dan tidak sedikit yang terkesan mengganggu. berkirim komentar, melakukan chat dengan teman2 yang tidak diinginkan. membaca status yang tak penting untuk diketahui. sedang lapar, tulis status, sedang makan, tulis status lagi, sedang minum, sedang batuk, tulis status. seperti itulah kira-kira.  jimmy mencontohkan seorang “gina” yang alay dalam ber-facebook. tak mungkin orang seperti itu punya 500an teman. punya 5 teman saja sudah bagus..

jimmy bilang, facebook menurunkan derajad pertemanan yang seharusnya merupakan hal yang penting dan sakral. tak mungkin anda punya 1000 teman. coba saja, tulis status, “hari jumat saya akan pindah rumah, tolong dibantu” dan lihat berapa orang yang datang.

tanggal 17 november, jadikan hari unfriend nasional dan cabutlah rumput-rumput liar dari hidup anda..

ternyata facebook bereaksi setelah ide ini dicetuskan. tombol x yang ada disamping setiap teman, dihilangkan. akibatnya untuk menghapus seorang teman, harus buka profil yang bersangkutan, menuju ke bagian paling bawah dari profil-nya untuk menemukan link tersebut…

http://www.youtube.com/watch?v=4AgBFQLu6WA

sudah hampir setahun ini tak lagi berfacebook… sudah tak begitu mengikuti perkembangan, termasuk facebook messages yang baru saja dirilis. mudah2an nanti bisa sedikit menulis tentang itu..

saat itu (waktu masih main fb) memang sudah banyak yang berlebihan dalam ber-status. setiap menit update. tak bisa disalahkan juga. ada juga kecenderungan untuk mengejar jumlah teman yang banyak. padahal belum tentu kenal. bisa juga, jika tujuannya untuk mencari teman baru. facebook menjadi pasar kepalsuan (pendapat pribadi). memang tidak semua, tapi tidak sedikit. menjadikan facebook tidak lagi nyaman untuk seagian orang. ada juga teman yang aktif sekali dalam bermain game, apakah perlu berteman dengannya? apakah teman seperti itu penting. jimmy ingin benar-benar menggunakan kata “teman” untuk mereka yang benar-benar “teman”

pro-kontra tentu ada. ini hanyalah pendapat pribadi. memang banyak juga manfaatnya. menjadi pilihan kita untuk pakai atau tidak. untuk lebih mudah memutuskan, dengan asas manfaat saja. pakai sejauh masih bisa dimanfaatkan. kalau sudah tak lagi berguna, abaikan.. cuma sistem, gratis juga.. saat butuh lagi, pakai lagi.. gampang.

bahkan ada sountrack-nya :

http://bepung.net/2010/11/18/unfriend-day-soundtrack

ALL FOR UN, UN FOR ALL

mungkin suatu saat, mau fb-an lagi. sebagai sarana promosi http://bepung.net

=D

Leave a Reply

Your email address will not be published.