hostname

nama host pada linux

lupa memang menjengkelkan, apalagi hal kecil yang sudah diketahui sebelumnya. sesuatu yang tidak penting tetapi mengganggu jika tidak dilakukan.

sebenarnya, ini hanya rasa yang kurang enak, karena setelah selesai install ubuntu di komputer rumah, ternyata hostname salah ketik. padahal waktu ngetik, pake kecepatan biasa, blom mode cepat. ternyata yg salah bukan jari tapi otak. maunya pake bepung-x2, yang terlihat pada layar login adalah yaws-x2. dibiarkan juga tidak ada pengaruhnya. diganti juga tidak ada efeknya. ini hanyalah nama host atau computer name pada sebuah sistem operasi ini.

maunya pengen (harus) diganti, (tapi) lupaaa caranya…. faaaaaaaq !! :p

di linux, termasuk ubuntu, (mungkin) semua konfigurasi tersimpan pada file text. bahkan termasuk username dan password (sudah disandikan tentunya). jadi sebenarnya, semua perbuatan bisa dilakukan melalui console saja. bahkan jika kebetulan ingin buang angin, lewat console juga bisa. caranya, buka console, arahkan saluran pembuangan angin pada console, lakukan prosesnya, tekan enter, selesai. dijamin, monitor semakin awet karena tidak akan pernah digunakan lagi.. =D

akhirnya, terpaksa menggali otak, coba rocever data-data dari jaman masih pake komputer karena sekarang jamannya pake PDA (baca: sePeDA). selesai obok-obok otak, ketemu sisa-sisa pengetahuan itu. nama file konfigurasi kalau tidak salah ada kata “host”. dengan gagah berani, mencari semua file yang ada “host”-nya. pake akses root (bukan root beer) sekalian biar mantaff.. pada console / terminal :

[bash]yaws@yaws-x2:~$: cd / yaws@yaws-x2:~$: sudo find -name host*[/bash]

walah, ternyata banyak sekali. biar gampang, hasilnya simpan di file text saja. file textnya simpan di Desktop, biar gampang dibuka lagi.

[bash]yaws@yaws-x2:~$: sudo find -name host* >> /home/yaws/Desktop/host.txt[/bash]

selesai proses pencarian. buka file host.txt, dilihat isinya. lalu periksa isi dari file-file tertulis di situ satu-per-satu. dimulai dari yang paling mencurigakan. masih pake console / terminal.

[bash]yaws@yaws-x2:~$: sudo cat /etc/hostname
yaws-x2[/bash]

nah, ketemu !!!!! secepatnya ubah isi file jahanam tersebut… pake gedit aja.

[bash]yaws@yaws-x2:~$: sudo gedit /etc/hostname[/bash]

ganti yaws-x2 menjadi bepung-x2. mantappp !!! save, exit gedit. ada 1 file lagi.

[bash]yaws@yaws-x2:~$: sudo cat /etc/hosts
127.0.0.1 localhost
127.0.0.1 yaws-x2[/bash]

di bagian yang terulis :

[bash]#the following…………[/bash]

diganti lagi dari yaws menjadi bepung. asik-asik..!! restart ubuntu… tadaaaa…. jadilah bepung-x2. sebenarnya ada cara lain selain restart ubuntu, caranya adalah … mmmm…. lupaa…. -_- kalau masuk terminal, tampilnya :

[bash]yaws@bepung-x2:~$[/bash]

dan selesailah sudah misi suci pagi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.