magnet

lagi mau nulis gak jelas nih! ^_^

logam yang memiliki sifat magnet, mampu menarik logam lainnya. smua udah tau!!!

magnet itu ada 2 macam, magnet utara (U) dan magnet selatan (S). dua magnet yang berbeda (U dan S) akan saling tarik menarik, dan sebaliknya, magnet serupa (U dan U, S dan S) akan saling tolak menolak.

misalnya, ada 2 magnet (sekelompok) yang sudah melekat untuk waktu yang sangat lama, sudah dapat dipastikan bahwa kedua magnet itu berbeda jenis, sebutlah U dan S. kemudian, kita berniat untuk menambah satu magnet lagi ke dalam lingkungan magnet tersebut. misalnya magnet U2. dapat dipastikan, magnet U2 yang ditambahkan ini akan tidak diterima oleh kelompok magnet ini karena ditolak oleh magnet U. walaupun terjadi tarik menarik antara S dan U2. sepertinya S akan diperebutkan oleh U dan U2. walopun akan menempel, posisinya jadi U-S-U2. U dan U2 gak akan pernah dekat, apalagi nempel. sulit jadinya. hehehe…

solusi (mungkin) ilmiah untuk bisa menambahkan sesuatu (magnet) ke lingkungan magnet ini adalah dengan menetralkan salah satu magnet sehingga tidak memiliki sifat magnet lagi. cara menetralkan sebuah magnet, (klo gak salah) dengan dipanaskan (bakar!!!) atau dipukul². tentu saja, semakin kuat sifat magnet-nya, semakin besar usaha yang kita butuhkan untuk me-netral-kannya.

untuk kasus di atas ( ^_^ ), yang bisa ( dan perlu) dinetralkan adalah, magnet U atau U2. sebetulnya hasilnya akan sama saja. akan terjadi ikatan antara ketiganya, saling menempel. namun sebenarnya hanya akan muncul 1 kondisi tarik-menarik saja, yaitu U-S atau S-U2. yang netral akan tertempel pada magnet manapun. atau bahkan tidak menempel pada satu magnet pun.

pilih yang mana?? tergantung. jika kita mau tetap ada tarik-menarik antara U dan S, netralkan saja yang U2. sehingga U-S terikat, U2 bisa menempel pada salah satu atau bahkan keduanya, bahkan bisa bebas pergi. sebaliknya jika ternyata yang diinginkan adalah adanya ikatan kuat antara S dan U2, terpaksa kita netralkan yang U, yang sebelumnya telah terikat lebih dulu dengan S. sehingga ikatan antara S dan U2 tidak terganggu, U menjadi bebas datang dan pergi.
pilih mana ???

pelajaran yang kita petik (huehue) :
untuk merubah suatu kondisi, ada konsekuensi, usaha dan pengorbanan yang harus dilakukan. kadang usaha yang dibutuhkan itu tidak sedikit, pengorbanan yang harus diberikan juga besar. namun, sekalipun terlihat seperti tidak ada bedanya, ternyata (sebenarnya) setiap pengorbanan akan memberikan dampak yang berbeda.

sekian kuliah singkat kita tentang “magnet”. kita ketemu lagi tahun depan.
disiapkan bahan tentang “bernapas”… ^_~

Tira Ji Rui…

Leave a Reply

Your email address will not be published.