si siput lama aja

bingung liat judul post kali ini??? mirip ama pahlawan nasional yah?? itu loh, yg jenggotnya mirip rambut tentara… ^.^ (sori bang..)

lihat halaman foto

kmaren, tgl 4-6 mei 2007, kami ber-19 naek merbabu loh. wktu itu aku pake tas gwede banget (liat aja di foto), makanya dipanggil siput alias keong. klo jalan… pelaaannn… bunyinya crit crit…
gimana tasnya ga´ gede.. isinya tenda, pakean,slimutku, aer 4 botol, nesting 2, ……. meja blajar,papan tulis dan taklupa roda grobak… wktu blm brangkat sih pake tas yg kcil, eh, taunya musti bawa-in tenda ´ma aer minum-nya temen².. ya udah…. jadi siput deh…

wktu dari base camp sih, lbh gweede lagi… aernya 7,trus di dada pake tas lagi, isinya indomi sktr 30 bks, snack….. kasur busa, aqi mobil, pintu perpus…..

aku critain singkat ya, pendakian kmaren….

day 1
kumpul di kemiri barat, packing tas, bli² logistik. pas mw brangkat doa dulu dunk, minta penyertaan tiang awan ´ma tiang api, ternyata ada loh… tiang kabut.. ehehe… untung aja bkn tiang garam.. ntar rame² nge-jilat-in lagii.. nyampe di base camp (1600 mdpl), istirahat bentar, sktr jm 1800 brangkat, iring²an, puanjang, mirip cacing… aku di bagian pantatnya, alias kloter (klompok terakhir). nyampe pos pending (1936 mdpl) trus istirahat. jalan lg, ada papan gede, tulisannya “puncak 4 km”, wah.. seneng neh… gak berapa jauh yg bgian depan treak..

ishak : “minta parangg !!!”

kami yg laen nunggu, smpe ishak slesai ngebabat utan & ngejual kayu illegal, hehe…
jalan lgi, nerobos semak², lumayan nyente sih, gak begitu terjal naeknya… smpe di bawah tebing, nunggu lagi ishak ngebabat, trus tau² dia nyeletuk, “kayaknya salah jalan”.. hwwaaaa….
ya udah, ishak , ma´e ama tyco nyari jalan ke atas, gak ketemu. akhirnya aku, ishak, tyco balik lg nyari jalan, mendaki bukit, lewat di lembah, jauuhhhh… treak² auouououo…..
untung ada yg denger, mrk ngasih tau klo kami harusnya, belok kanan di papan 4 km tdi… yaellaahh…. tyco janjian ketemuan ama si jagawana, aku ´ma ishak balik jemput temen², sempet dikira rampok loh ama mereka, yg lgi asik masak mie, di tengah utan, di kegelapan malam, di antara semak belukar, di saat krisis monikung alias nyasar. danang yg nyusul dan berada di jalan kebenaran ngeliat kami di bawah, dia heran, treak :

danang : “siapa???nyasar yaa??”
kami : “iyaaa… danang yaa??”
danang : “yaa.. marsel ya… ???”
kami : “iiyya.a..aa…”
danang : “wwaalllaahhh… seeell… seeelll…., kok bisa kesitu loh.h…?”

padahal waktu di base camp danang sudah berbusa mulutnya terangkan jalan sama marcell. akhirnya stlh dijemput ´ma danang & seorang jagawana yg pemberani & baek hati, 19 org lugu ini menemukan kembali jalan yg benar & nyampe di pos pereng putih (2162 mdpl), kemping deh kami dsitu… dah sktr jm 12 malam setelah sukses nyasar 3 jam-an…

matur suwun sanget mas danang…matur suwun mas jagawana (sori, gak tau namanya)…

ada monyet loh di situ…nyamperin minta makan mie.. pasang 3 tenda + punya danang… bobok deh smua.. ada percakapan yg cukup lucu :

aleka : *tidur menyamping*
tino : *tidur di belakangnya aleka, ngerangkul*
aleka : “bah, kita su istirahat ju masih pake ransel..” (kita udah istirahat kok masih pke ransel)

day 2

dengan wajah ceria, tekad baja dan aroma wangi ber-19 lanjutin perjalanan. btw,tasku udah di-packing ulang, tinggal 1 tas dan masih berat walopun udah ngeluarin 4 btl aer. aku tetep di kloter. jalannya santai dan berwibawa, tidak lupa dokumentasinya…
smua lancar sampe pos gumuk menthul(2330 mdpl), lalu pos lempong sampang (2510 mdpl).

track sulit waktu nanjak menuju pertapaan watu gubug (2735 mdpl). sadis, lewat puncak tebing, kemiringan tanjakan sktr 60 derajat, tiap maju 10 mtr istirahat, kodak (baca:foto) dulu… lewat pertapaan watu tulis (2920 mdpl) akhrnya slese juga penderitaan ini, istirahat makan siang di pos pemancar (2996 m).

abis makan mie yg selalu setia nemenin, aku, ishak, gentho, wati, tyco jalan dluan, skalian mo nyari aer… dan ternyata sodara-sodara.. mata aer yg bersangkutan sedang tidak mood alias kering… abis manggil anak² yg laen & melakukan musyawarah untuk mufakat tanpa ada tekanan dan intimidasi, diputuskan untuk maju perut pantat mundur… brangkat deh, aku & genthoo belakangan.

*klontang.. klontang.. klontang… *
ada pendaki laen memakai bel sapi di pinggang, tongkat kayu di tgan kiri, kaca mata di mata, datang dengan wajah bercahaya…

si bel sapi : “katanya kalian kehabisan aer ya?”
aku : “iya nih… mata aer yg di situ kering…”
si kacamata : “ayo ikut, aku tunjukin tmpat mata aer…”
aku : “yg bener?? bukan aer mata kan??”
si tongkat : “ayo panggil temennya ada kok aer di depan…”
aku & gentho : @_@

salam hormat bagimu wahai biksu sakti, mas wahid (nama sebenarnya… thx..)
abis manggil bbrp temen,kami ngambil aer yang bgitu sejuk & jernih di lembah nan curam, dengan suara gemericik nan asri. pas mw lanjutin perjalanan mnuju jembatan setan dari hellipad (2900 mdpl) tino & opa den mitusin untuk pasang tenda dsitu, gak lanjut ke puncak.

tanpa mengurangi rasa hormat dan meniadakan berbagai prasangka serta penilaian buruk, kami lanjutin perjalanan nyusul temen² laen yg dg polosnya gak ngerti klo udah dapet aer tapinya cukup kuatir krna kami lama nyampenya, bahkan udah ada tenda di bawah… jembatan setan ternyata memang setan betul, curam banget & sangat berbatu, baik batu besar, batu kecil, batu bulat, batu kotak, batu segi3, batu ginjal, hehehe…. tidak lupa dilengkapi dengan tebing terjal di sisi kiri dan kanan… mendapatkan bonus angin cepoi cepoi dan kabut indah menutupi jarak pandang…
dedi dores (dengan di-iringi dengan doa restu) kami nglewatin pos geger sapi (3000 mdpl), nikung ke kanan nglewatin puncak ondo rante (3112 mdpl) dan kemping lah kami dengan 3 tenda. tidak lupa pinjem laptop (baca: kompor gas portable) sama pendaki laen krna laptop kami ditinggalin di tenda bawah.
dg sukacita dan gegap gempita kami makan mie yg masih setia, tidak lupa mbuat api unggun mungil untuk angetin sarung tangan.

sperti biasa, sbgai org yg ngaku percaya ´ma Tuhan, kami doa dulu loh….

acara dilanjutin dg melakukan sahut-sahutan suara kentut, balapan ngorok, lomba tidur tanpa bergerak.

day 3
dengan sukses kami smua kebangun jam 1 subuh krna tidurnya terlalu dini.
singkat kata, jam 4an subuh, kami dah siap² untuk mnuju puncak kenteng songo (3167 mdpl). lgi² aku di posisi kloter, kali ini ditemani komentator yg namanya adalah”X”..

aku : “ayo cepaatt… langit udah merah tuh, ntar lagi sunrise
X: “bentar….”
aku : *jalan….*
X: “kak, tungguu….”
aku : “knapa..??”
X: “gelapp…”
aku : “????” *jalan lagi*
X: “aduh kak….”
aku : “knapa???”
X: “dingin, tanganku kaku…”
aku : “sarung tangan mana??”
X: “lupa di tenda..”
aku : “…….. . .. . . . .. . ” *nyamperin, gosok tangannya biar anget*
X: “aduhh… jangann….”
aku : “knapa???”
X: “sakiitt…. kena duri tadi…”
aku : *loncat ke jurang…*

tanpa basa-basi akhirnya kami ber-17 nyampe juga di puncak!!!!!!!!!!
tak lupa berfoto dengan beringas memamerkan gigi yg indah kuningnya tanpa merasa terganggu oleh pendaki laen yg duduk manis nikmatin pemandangan dan ter-heran² ngeliat tingkah kami yang sangat garang…
ternyata waktu kami coba menghubungi tino dan opa den di bawah, rupanya jalur komunikasi sedang lancar shg suara kmi dihantarkan dengan baik. terjadilah komunikasi 2 arah antara kmi yg di-atas dengan mereka yg tidak di atas.

atas : “HHHHOOOOOOOIIIIIII”
bawah : “WWOOOOOIIIIIIII… AAYYYOOO TTUURRUNNN”
atas : “PPPEESSSSAAAANNNNN EESSS TTTEEEEHHHH”
bawah : “……..”

tak lupa kami diajak berfoto oleh para fans pendaki laen yg ada dsitu dan turunlah kmi sebagai manusia baru yg menyadari kemegahan alam terlebih kuasa PENCIPTA (ceeiillee….)

berita penemuan!!
telah ditemukan cara turun gunung ke-3 selain jalan dan lari…. menggunakan 6 organ tubuh,

tangan kanan, tangan kiri, kaki kanan, kaki kiri, pantat kanan, pantat kiri….
caranya mudah, yaitu…. : ngesot…
dengan piawainya diperagakan oleh rena dari puncak sampe ke hellipad.

telah ditemukan patimura baru yg bernama patimahal, yg akan dipajang fotonya di uang rp. 1000 keluaran baru. bagi yang belum mengenalnya, dialah mea alias jo…

stlh bongkar tenda, tak lupa sembayang kupu-kupu.. turun mnuju hellipad makan pagi bareng di tenda bawah dan dengan beringasnya ber-kodak bahkan dengan gaya nudis yg memukau.

penurunan dilanjutkan sektr jam 10an.

berita penemuan!!
telah ditemukan cara ke-4 dalam hal turun gunung, diperagakan oleh sebe dengan aduhai, mundur ….. .. . .. . .. … dengan soundtrack suara … tit … tit … tit … tit ….

sukses bsar, ketibaan kmi di base camp disambut oleh teh panas seharga rp.500 dan nasi telur yg amat sangat bersahabat, rp.2500.

tragedi!!
sandal jepit kesayanganku, telah terpisahkan, yg berhasil tiba di base camp hanyalah si

kanan. si kiri tertinggal entah dimana. dengan upaca singkat si kanan ditinggalkan dg sukses di t4 sampah.

jemputan datang dan pulanglah para pemberani ini, disempatkan ber-kodak ria di bawah spanduk :

“SELAMAT DATANG, TUHAN BESERTA ORANG PEMBERANI”

berkumpullah kami dimana semuanya diawali, kosk biru tua, kembar, untuk melakukan pemerikasaan barang² bawaan…

tragedi!!
sandal jepit kesayanganku, yang diduga sebelumnya terlantar di gunung merbabu, ternyata dengan santainya terselip di cover rumah siput (baca:tas carrier), dg tak kalah suksesnya, dimakamkan di t4 sampah, smoga mereka bersua kembali di surga sandal jepit.

ya… gitu² deh critanye… lumayan singkat nih… walopun bacanya rada lama… maklum aja deh, 3 hari loh..

salam sukses selalu buat 18 teman lainnya…

sebe, tino, aleka (pembawa laptop, mea (patimahal), necko, opa den, ricko (duri), tyco, ishak (parang), marcel, rena (ngesot), vemi (bufrack), ella (kentut), windy, genthoo, melda (pemilik laptop), nona (ninja??), wati…
ingatlah :

“TUHAN BERSAMA ORANG PEMBERANI NEKAD !!!


catatan perjalanan 19 orang ke gunung merbabu, 20010504

lihat halaman foto

Leave a Reply

Your email address will not be published.